VISI

Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Amin  bercita-cita untuk menjadi Perguruan Tinggi Islam yang mampu berkiprah di tengah masyarakat dengan berpedoman pada Al-Quran dan As-Sunnah, sebagai wahana pengembangan pemikiran Islam serta menjadi pembina insan yang berakhlakul karimah bagi bangsa dan negara.

MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilandasi nilai-nilai Islam agar dapat menghasilkan lulusan yang berwawasan luas sesuai dengan ketentuan yang berlaku, berketerampilan tinggi dan bertanggung jawab kepada diri sendiri, masyarakat, dan Tuhan Yang Maha Esa, serta mampu menyeimbangkan antara idealisasi teoritis konseptual keagamaan dengan realisasi improvisasi teknologi terkini.
  2. Mengembangkan Pendidikan Agama Islam secara teoritik dan praktik dengan berbasis kurikulum hingga dapat membangun sistem dan operasional pendidikan Islam yang memiliki reputasi terpercaya, terbaik, dan berkeseimbangan.
  3. Membangun kehidupan dan pengelolaan kampus yang agamis, dinamis dan harmonis sebagai miniatur dari kehidupan bermasyarakat menuju penguasaan ilmu dan pengamalan.
  4. Memberikan kontribusi terhadap pengembangan kualitas Pendidikan Agama Islam.

TUJUAN

  1. Mengamalkan syari'at Islam dalam kehidupan pribadi dan keluarga sehingga menjadi suri teladan dalam kehidupan masyarakat.
  2. Menyampaikan tata kehidupan Islam secara didaktis dan metodis di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
  3. Menguasai ilmu-ilmu bidang pendidikan dan pengajaran, secara teoritis dan praktis.
  4. Menguasai dan memahami dasar-dasar pendidikan keislaman serta mengamalkannya.
  5. Menghayati dan meneliti berbagai masalah pendidikan keislaman serta menanggulanginya.
  6. Dapat menyusun program pendidikan keislaman dan pengajarannya serta pengembangannya, baik di jalur sekolah maupun luar sekolah.

SASARAN

  1. Terciptanya suasana akademis yang kondusif, bersinergi dan dinamis dalam rangka membangun dan mengembangkan Pendidikan Islam melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Terciptanya sumber daya insani yang mampu menyelenggarakan pengelolaan program studi secara profesional, komunikatif dan akuntabel untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
  3. Terpenuhinya fasiltas sarana, prasarana dan teknologi yang memadai untuk menunjang terwujudnya Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  4. Terciptanya kerjasama antara program studi dengan pihak-pihak yang terkait/stakeholder dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.
  5. Terbentuknya kepribadian muslim dalam setiap diri mahasiswa untuk menghadapi berbagai tantangan sekarang maupun masa depan.